Skip to content

Bapak Ular Dunia

Kalian kenal ga dengan Taneli Armanto? Saya ganti deh pertanyaannya. Pernah denger Taneli Armanto ga? Ga pernah juga? Shame on you, you who live a life with nokia jadul. Oke, saya udah sebut nokia harusnya kalian tau dong arahnya kemana. Yaps, Taneli Armanto adalah pencipta game snake yang pertama kali dirilis di nokia 6110.

Pada tahun 1995 Taneli Armanto adalah seorang programmer di finlandia, dia di hubungi oleh nokia untuk menciptakan sebuah mini game yang keren untuk HP Nokia yang akan dirilis, Nokia 6110. Pada saat itu dia berpikir project snake ini hanya sebuah sambilan dari pekerjaannya, jadi yaa kenapa tidak. Menurut dia game snake ini biasa saja, ga lebih dari sebuah kalkulator.

Hampir 25 tahun kemudian game snake ini dipandang menjadi titik balik dalam sejarah teknologi dan hiburan. Ciptaanya, si ular yang selalu lapar dan mati tiap menabrak dirinya sendiri, dianggap sebagai mobile games pertama yang mungkin saat ini nilainya mencapai US$100 juta. Angka yang sangat fantastis untuk sebuah game yang hanya menggunakan 4 tombol.

Tapi tau kah kalian, Nokia bukan yang pertama mengeluarkan snake lhoh. Pada tahun 1976 ada sebuah arcade game yang mirip seperti snake bernama Blockade. Berkonsep sama seperti snake apakah membuat Taneli Armanto sebagai plagiat? Saya rasa sih enggak. Konsep game yang sama tidak melulu plagiat koq, contoh seperti Championship Manager dan Fifa Manager. 2 game ini konsepnya sama, manajemen club sepak bola tapi dengan gameplay yang berbeda. Begitu juga dengan Blockade dan Snake.

Untuk saya pribadi snake adalah game yang mengisi masa remaja saya. Saya pegang HP Nokia 1100 pada saat Nokia 3660 keluar, meskipun pada saat itu Nokia 1100 keliatan jadul tapi bukan masalah untuk saya. Why? Yaa karena diantara kumpulan saya saat itu saya cukup jago bermain snake. Buat apa punya HP bisa motret tapi kepala tabrakan sama ekor, wkwkwk. Bahkan sampai sekarang pun saya masih main ular koq, ular tangga sih.

Jadul Belum Tentu Cupu, Vintage Itu Asekkk

Published inTeknologi

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *